Pendahuluan, Gambaran Umum & Sumber Daya

SELAMAT DATANG DI KESALAHAN FINANSIAL TERBURUK

Kami sangat senang Anda mengikuti pelajaran ini. Pelajaran ini ada dengan video, dan mencakup 19 pelajaran dengan langkah-langkah selanjutnya dan diskusi kelompok atau pertanyaan refleksi individu. Pelajaran ini memberi Anda contoh-contoh kebodohan keuangan Alkitabiah zaman modern, solusi praktis untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap ini, dan banyak lagi. Ini dapat dilakukan sebagai individu, pasangan, kelompok kecil, kelas sekolah minggu, atau kelompok pemdalaman Alkitab lainnya. Berbagai pelajaran dapat digabungkan untuk terlibat dalam pembelajaran selama 4 atau 6 minggu.


Sebagian besar dari kita cenderung mengenali pahlawan-pahlawan dalam Alkitab daripada tokoh-tokoh yang membuat kesalahan besar. Contohnya, kita secara tidak sadar lebih tertarik kepada Daud daripada Saul, kepada Sarah daripada Hagar, dan tentu saja kepada Rasul Yohanes daripada Yudas. Secara pribadi, saya juga lebih tertarik membaca tentang keberanian Petrus pada hari Pentakosta daripada tentang penyangkalannya yang memalukan terhadap Kristus sebelum penyaliban.

Akan tetapi kesalahan, kegagalan, dan kekalahan adalah bagian dari pengalaman hidup manusia yang wajar terjadi. Kita dapat belajar banyak pelajaran berharga dari kesalahan orang lain dan dengan memandang jujur diri kita sendiri. Sebagai orang Kristen, kita dapat melihat kembali kegagalan kita tanpa rasa takut atau malu, karena: 

 Kita tahu sekarang bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

(Roma 8:28)

Selama bertahun-tahun saya menikmati kesempatan untuk mengajar banyak orang tentang prinsip dan praktik keuangan yang alkitabiah. Namun, belakangan ini saya menyadari bahwa saya jarang memerhatikan kesalahan yang dilakukan oleh para tokoh dalam Alkitab. Itu juga merupakan suatu kesalahan karena sering kali kita dapat belajar sebanyak, atau bahkan lebih banyak, dari kegagalan maupun kesuksesan.

Ini juga berlaku ketika kita belajar memahami prinsip-prinsip keuangan Allah. Dalam kitab Amsal, contoh positif dari penghemat yang gemar menabung dan contoh negatif dari pemalas yang dilanda kemiskinan, sama-sama memberikan hikmat berharga.

Di dalam buku ini, saya menggarisbawahi daftar kesalahan keuangan terburuk yang tercatat dalam Alkitab. Saya menjelaskannya secara kronologis, sehingga daftar tersebut berkorelasi dengan ayat-ayat Alkitab yang digunakan sebagai referensi. Alkitab menunjukkkan lebih banyak kesalahan keuangan daripada yang saya jelaskan. Oleh karena itu, saya mendorong Anda untuk mencari tahu dan belajar lebih dalam tentang bagian ini.

Ketika saya mulai melakukan penelitian untuk buku ini, saya menduga bahwa sebagian besar kesalahan keuangan dalam Alkitab terjadi karena praktik pengelolaan uang yang buruk. Akan tetapi, saya terkejut melihat betapa sedikitnya kisah yang berhubungan dengan penanganan utang, tabungan, investasi, perencanaan untuk masa depan, dan topik lain yang serupa. Penyebab utama bukanlah praktik yang salah, tetapi prioritas yang salah.

Para tokoh Alkitab yang membuat kesalahan keuangan terbesar memiliki sikap hati dan motif yang salah. Masalah mereka dimulai ketika mereka meninggalkan Firman Allah dan berjalan dalam “hikmat” dunia.

Cara terbaik untuk menghindari kesalahan keuangan yang dicatat dalam buku ini adalah dengan melakukan transformasi radikal atas pemahaman Anda tentang uang. Dalam hal ini, yang saya tekankan adalah perubahan hati yang sempurna! Orang-orang yang ingin menuai dividen kekal yang Allah janjikan kepada mereka yang setia, harus mengikuti nasihat yang Rasul Paulus berikan dalam Roma 12:2:

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Untuk dapat memanfaatkan buku ini secara maksimal, saya sarankan Anda cukup membaca satu bab per hari atau per minggu. Luangkan waktu untuk merenungkan kebenaran yang Allah berikan untuk Anda. Mulailah setiap sesi dengan doa dan minta Roh Kudus untuk mengungkapkan hikmat dari setiap pelajaran. Selanjutnya, bacalah seluruh perikop Alkitab yang menjadi referensi di awal setiap bab. Terakhir, baca bagian pelajaran dan selesaikan dengan penerapan praktis.

Pelajaran-pelajaran dalam buku ini dirancang untuk mendorong pembahasan tentang beberapa kesalahan keuangan yang paling umum dan cara menghindarinya. Ini merupakan sumber yang baik sebagai bahan diskusi kelompok kecil.

Saya berdoa agar Allah menggunakan buku ini dalam hidup Anda untuk memperbaiki kesalahan keuangan Anda di masa lalu dan mewujudkan keputusan keuangan masa depan Anda dengan kehendak-Nya yang baik dan sempurna.

Chuck Bentley

HIKMAT ALLAH

Perhatikan Peringatan-Nya dan Nikmati Berkat-Nya


Oleh karena mereka benci kepada pengetahuan
dan tidak memilih takut akan TUHAN, 

tidak mau menerima nasihatku,
tetapi menolah segala teguranku,

maka mereka akan memakan buah perbuatan mereka,
dan menjadi kenyang oleh rencana mereka.

Sebab orang yang tak berpengalaman akan dibunuh oleh keenganannya,
dan orang bebal akan dibinasakan oleh kelalaiannya. 

Tetapi siapa mendengarkan aku, ia akan tinggal dengan aman,
terlindung dari pada kedahsyatan malapetaka.


Amsal 1:29-33


Start Search


Suggestions: